X
Ilustrasi. (Dokumen inilahkepri)
INILAHKEPRI, Batam - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada bulan Juli 2021 mencapai 161 kunjungan atau turun 35,8 persen dari bulan sebelumnya.

Kepala BPS Kota Batam Rahmat Iswanto mengatakan, angka itu turun jika dibandingkan jumlah wisman pada Juni 2021 sebanyak 251 kunjungan. Jika dibandingkan dengan Juli 2020, kunjungan wisman Juli 2021 mengalami kenaikan, yaitu sebesar 93,98 persen. 

Menurut Rahmat, kunjungan wisman ke Kota Batam belum membaik hal itu disebebkan karena masih dalam masa pandemi COVID-19. 

"Belum membaik, masih mati suri. Ini bisa dimaklumi kan pandemi belum berakhir," kata Rahmat, Jumat (10/9). 

BPS juga mencatat, wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Januari hingga Juli 2021 didominasi oleh wisman dari Singapura dan Malaysia. Namun, persentase sebesar 18,75 persen dan jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya. 

"Ya begitu lah adanya. Kita berharap semoga cepat berlalu pandemi ini," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan pariwisata di Kota Batam akan di buka. 

"Insya Allah, potensi itu di buka itu ada kalau berdasarkan indikator Batam penanganan COVID-19 nya lebih baik se-Kepri," katanya. 

Ia berharap, pihaknya agar capaian vaksinasi bisa mencapai 100 persen agar pariwisata bisa segera dibuka. 

"Kita berdoa saja lah, kalau lokal tidak ada masalah," tandasnya. (Red)

Sumber: Diskominfo Kepri

Share this Post

BERITA TERKAIT