X
Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin. (Foto: Rico)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin menyampaikan bahwa sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) merupakan disinfektan yang secara alamiah dapat menghancurkan virus corona (COVID-19).

"Sinar matahari adalah disinfektan gratis yang disediakan Allah SWT untuk negara kita. Manfaatkan sinar matahari untuk menghancurkan struktur RNA dalam COVID-19," ungkap Bahtiar, Rabu (4/11/2020).

Ia menyerukan seluruh elemen masyarakat memanfaatkan sinar matahari dalam beraktivitas. Di pemerintahan, ia juga menginstruksikan agar ruangan rapat terbuka sehingga sinar matahari dapat masuk.

Seluruh tempat usaha juga sebaiknya dibuka pintu dan jendela agar terkena sinar matahari, dan sirkulasi udara berjalan normal. Jendela dan pintu di seluruh rumah pun perlu dibuka sejak matahari terbit hingga menjelang terbenam.

Perabotan dan barang-barang yang digunakan atau dipajang di rumah juga sebaiknya terkena sinar matahari, terutama tempat tidur dan bantal.

"Jadikan ini kebiasaan, pola baru dalam kehidupan sehari-hari untuk menekan laju penularan COVID-19," jelasnya.

Bahtiar juga mengingatkan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dalam beraktivitas seperti jaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan dengan menggunakan sabun. Interaksi dalam rapat baik di pemerintahan maupun di tempat lainnya juga harus mematuhi protokol kesehatan.

"Saya harap ini terlaksana secara maksimal. Aparatur pemerintah harus memberi contoh kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Bahtiar juga menganjurkan masyarakat memperbanyak mengkonsumsi daun kelor, untuk meningkatkan imun tubuh sebagai upaya mencegah penularan virus COVID-19.

"Karena daun kelor itu vitamin E nya banyak. Itu bagus untuk menjaga imun tubuh," kata Bahtiar.

Selain daun kelor, ia juga menganjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan E, seperti tauge dan brokoli.

Masyarakat juga diharapkan untuk merubah pola hidup sehatnya. Salah satunya kata dia, dengan tidak terlalu lama berada di ruangan yang ber-ac. Karena menurutnya, virus suka berada di ruangan yang dingin.

"Jadi mulai sekarang biasakan baik di ruang kerja maupun di rumah itu harus terkena matahari. Itu cara yang paling mudah untuk menghindari corona, apalagi saat ini masuk musim hujan. Apalagi matahari itu disinfektan gratis dan yang paling ampuh yang diberikan Allah SWT," pungkasnya. (Rico)

Share this Post

BERITA TERKAIT