X
Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin didampingi Wali Kota Tanjungpinang Rahma, saat berziarah di makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Senggarang, Tanjungpinang, Jum'at (16/10/2020). (Foto: IST/Humas Pemprov Kepri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin menginginkan potensi sejarah dan religi dimaksimalkan sebagai destinasi pariwisata unggulan.

 "Potensi sejarah ini yang harus kita maksimalkan dan jelaskan pada turis-turis dari daerah tersebut bahwa sebenarnya leluhurnya sebenarnya berasal dari sini," jelas Bahtiar didampingi Wali Kota Tanjungpinang Rahma saat berziarah di makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Senggarang, Tanjungpinang, Jum'at (16/10/2020).

Untuk merubah image Kepri menjadi wisata religi kelas internasional, lanjutnya, banyak yang harus dilakukan daerah di Kepri yang masih memiliki jejak peninggalan kerajaan terdahulu seperti yang terdapat juga di Daik, Lingga.

"Banyak yang harus kita perbaiki baik di sini, di Penyengat maupun di Daik, Lingga. Kita harus perbaiki akses jalan agar lebih baik, makam juga harus dipugar kembali, kalau bisa disekitar makam dibuat pelataran dan pendopo yang luas agar para penziarah yang datang bisa nyaman. Lebih baik lagi sediakan tempat sholat bahkan wisman untuk tempat menginap sementara mereka. Intinya buat para penziarah nyaman," paparnya. 

Menurut Bahtiar jika hal ini bisa diwujudkan maka banyak sekali manfaat yang bisa diterima oleh masyarakat Kepri, salah satunya adalah perbaikan perekonomian karena akan banyak wisatawan yang akan berkunjung.

"Wisata religi ini jika terwujud maka kan banyak multiplier effectnya. Masyarakat bisa berjualan disekitaran makam, produk-produk UKM lokal juga bisa dipasarkan, tempat penginapan juga semakin terisi tingkat huniannya. Oleh karena itu saya minta agar wilayah ini dapat dikelola olah Badan Khusus yang mengurusi warisan budaya sehingga potensinya lebih dapat dimaksimalkan kembali," pungkasnya. (Rico)

Share this Post

BERITA TERKAIT