X
ASN Pemprov Kepri. Pemerintah Provinsi Kepri berencana melakukan tes Rapid bgai seluruh ASNnya. Ini bertujuan untuk meyakinkan pelayanan terhadap masyarakat. (Foto: inilahkepri /Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 8.000 Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) direncanakan akan menjalani Rapid Test, untuk memastikan pegawai terbebas dari virus COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin yang mengatakan rencana tersebut tentunya juga untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat serta ASN itu sendiri. Selain itu, ASN juga merupakan pelayan masyarakat tentu akan banyak berinteraksi dengan masyarakat banyak.

"ASN Pemprov ini jumlahnya sekitar 8000 orang. Akan kita rapid seluruhnya dalam waktu dekat ini," katanya ketika memberikan pengarahan tentang penanganan dan pencegahan virus COVID-19 di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib, Kamis (15/10/2020).

Rapid tes ini dia sebut merupakan sebagai wujud komitmen untuk melakukan pencegahan COVID-19.

"Jika nanti ada ASN yang reaktif, akan kita isolasi dan kita swab," tegasnya.

Telan Biaya Rp560 Juta

Di tempat yang sama, Kepala Dinkes Provinsi Kepri, M Bisri menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mulai menyusun strategi untuk pelaksanaan program rapid test ke seluruh ASN Pemprov Kepri, sebagaimana yang instruksikan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin.

"Sudah kita programkan. Tapi memang untuk jadwalnya belum kita tetapkan kapan. Karena kita harus terlebih dahulu membeli alat rapidnya," katanya.

Ketika disinggung soal estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan rapid massal ke ASN tersebut. Bisri menjelaskan, harga satu unit alat kit rapid test tersebut saat ini yakni Rp 70 ribu. Jika dikalikan dengan 8000 orang, maka anggaran yang dibutuhkan diperkirakan sekitar Rp 560 juta. 

"Untuk pelaksanaan program ini kita memang hanya membutuhkan anggaran untuk penyediaan alat kit rapid saja. Sedangkan tenaga kesehatan kan sudah ada dari kita," pungkasnya. (Rico)

Share this Post

BERITA TERKAIT