X
Ilustrasi. (Foto: inilahkepri/Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - dr Andrew Parlautan,Sp.JP, Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah RSUP Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang menepis anggapan jika penyakit jantung cenderung menyerang pada usia relatif tua (40 tahun ke atas).

Menurut Andrew, penyakit jantung saat ini juga telah menyasar kepada mereka yang berada di usia di bawah 40 tahun.

"Saya ada menemukan pasien di usia yang relatif muda, 30 tahun. Trend sekarang di bawah 40 tahun. Penyebabnya adalah kebiasaan merokok," ungkap Andrew di sela kegiatan peringatan Hari Jantung Dunia digelar RSUP Raja Ahmad Thabib, Selasa (29/9/2020).

Fakta lainnya, lanjutnya, berdasar pengalaman saat bertugas di poli, atau UGD, khususnya di RSUP Raja Ahmad Thabib, 60-70 persen pasien yang datang adalah serangan jantung.

"Penyakit jantung koroner atau penyempitan. Paling sering adalah penyakit jantung koroner," timpalnya.

Dari berbagai kasus yang terjadi, faktor risiko disebabkan kebiasaan merokok, diabetes, dan darah tinggi.

"Banyak sekali faktor risiko. Tapi itu yang sering ditemui," ungkap Andrew.

Di masa Pandemi Covid-19, Andrew menyarankan kepada penderita sakit jantung untuk rutin melakukan kontrol dan menerapkan protokol kesehatan.

"Penyakit jantung akan menjadi faktor penyerta yang sagat kuat ketika terkena Covid-19," ujar Andrew mengingatkan.

Andrew memberikan beberapa tips agar terhindar dari penyakit jantung, menjadikan jantung sehat dengan cara sehat. Yakni seimbang gizi dengan memperhatikan pola makan, enyahkan rokok, hadapi stres, awasi tekanan darah, teratur berolahraga.

"Sekarang olahraga, khususnya bersepeda jadi tren. Itu bagus. Tapi jangan sampai sudah berolahraga kemudian merokok. Itu sama saja memasukkan racun ke tubuh kita yang sudah sehat," kata Andrew. (Andri) 

Share this Post

BERITA TERKAIT